Music And Songs From The Film ‘Ini Kisah Tiga Dara’

Ini Kisah Tiga Dara Cover

Potret kehidupan saat ini semakin menyeruak bagai tanda-tanda jaman. Sudah sangat banyak gagasan dilahirkan, namun masih sangat sedikit yang dapat diterapkan. Sejak bergulirnya reformasi, kita dihadapkan dengan perubahan-perubahan sosial yang menakjubkan ‘amazing change’

Dengan perubahan-perubahan tersebut yang menjadi obyek kajian menjadi lebih demokratis, seperti halnya Nia Dinata, sebagai sutradara film musikal “Ini Kisah Tiga Dara” mengetengahkan metodologi dan perspektif yang terinspirasi dari karya legendaris Usmar Ismail 60 tahun silam. Menjadi acuan Gendhis (Shanty Paredes), Ella (Tara Basro) dan Bebe (Tatyana Akman) yang lebih relevan dengan jaman sekarang dengan jerat mempertanyakan mimpi dan ambisi kembali sesuai tradisi wanita modern.

Rilisan ini, merangkum kegiatan-kegiatan visual dengan identitas musik yang di arransemen oleh Aghi Narottama dan Bemby Gusti, untuk konsep lirik selain Nia Dinata, sebagai sutradara film terlibat Lucky Kuswandi, Ioannis Papadimitriou, dan Reuben Elishama yang juga turut memerankan tokoh Bima dalam film ini. Dalam restorasi departemen musik dihadirkan kembali versi ‘Tiga Dara dan Senandung Lagu Lama’ milik Syaiful Bahri. Selain bekerjasama dengan ‘Tiga Dara’ jaman sekarang diatas Shanty Paredes, Tara Basro, Tatyana Akman, terlibat tokoh legendaris Titiek Puspa, Reuben Elishama, Rio Dewanto serta Joko Anwar, memberikan variabel-variabel dalam rilisan musik dan film “Ini Kisah Tiga Dara”. Citra energik, balada, pop, dengan kemasan kontemporer dihadirkan sebagai representasi jaman. Bukan hanya sebagai rekayasa dan lembaran sejarah, imaji dan rasio sebenarnya saling mendukung. 12 lagu karismatik sepenuhnya dapat dinalar secara logis, sebab keyakinan dan cinta sudah sedemikian kuat mengakar dalam struktur psikologis yang dipersepsi.

Jakarta 12 Juli, 2016 – KA/Rooftopsound Records

Advertisements